Tuesday, June 17, 2014

ZAC bermain puzzle sederhana


Tanggal 15 Juni 2014 lalu, ZAC tepat berumur 1,5 tahun. Puji Tuhan, sehat terus dan masih lucu! hehehe....
Suka ngoceh, ngomong sendiri meskipun belum jelas apa ngomongnya, tapi dia senang ngomong. Kosa kata yang pernah saya denger dari Zac, mamah-papah-acih (makasih)-ore (hore). Tapi hanya kadang-kadang saja kedengernya. Dan dia mengerti kalo diajak ngomong, beda banget dengan Ola waktu seumur Zac. Selain itu, Zac juga lebih bisa memahami emosi/perasaan dan dia juga bisa mengekspresikan perasaannya juga. Kalo Ola waktu bayi dulu itu lempeng banget, tanpa ekspresi dan susah diajak ngomong.

Aktifitas Zac selama ini, selain bermain dengan barang-barang yang bisa dia ambil dan diijinkan, Zac itu senang nonton TV terutama baby tv dan cbeebies. Sekarang saya sedang berusaha untuk mencarikan aktifitas lain untuk menstimulasi dia lebih banyak, tidak hanya dari acara-acara di baby TV. 

Kalau sedang berendam waktu mandi, Zac senang bermain menuang air ke dalam beberapa wadah. Selain air, media lain yang kami gunakan adalah beras. Dia senang sekali bermain tuang menuang ini. Dan sudah bisa dengan baik, koordinasi mata dan tangan nya bagus. 

aktifitas Zac, 0-2 tahun

Aktifitas ini baru saya perkenalkan hari ini, kurang tahu juga apa namanya, puzzle atau patterning atau matching something hehehe... Tapi intinya saya menjiplak bentuk beberapa benda atau mainannya di buku dengan spidol, dan meminta dia untuk menyimpan benda diatasnya sesuai dengan polanya. Saya memilih benda-benda yang bentuknya benar-benar beda dan standar, seperti lingkaran, kotak, persegi panjang, lonjong. Semacam puzzle ya namanya, tapi bikin sendiri.

Saya memberi contoh 2-3 kali dan Zac sudah mengerti maksudnya. Tapi lucunya dia tidak mau menaruh benda di atasnya, lebih suka menyuruh saya dan dia yang memberi arahan. Nggak tahu kenapa tuh. Semoga sih nantinya dia bisa main sendiri dan bentuknya juga bisa lebih dikembangkan.


This entry was posted in

0 comments: