Sunday, December 08, 2013

OLA positif Tipus

Sejak awal Nopember 2013 kemarin, OLA sering mengeluh sakit perut di bagian atas, ulu hatinya, seperti kalau saya sakit maag. Saya mengira sih karena kembung biasa, belum makan, jadi biasanya suka dikasih teh manis hangat. Kadang-kadang diolesin kayu putih atau minum tolak angin, bahkan sempat dikasih obat maag juga supaya bisa kentut. Waktu awal-awal sih langsung sembuh biasanya, tapi besoknya lagi mengeluh sakit perut lagi. Gak muntah, pup nya juga biasa aja, normal.

Minggu kedua Nopember, OLA dibawa ke dokter Dewi di Lembang. Oleh dr. anak itu, OLA dikasih obat 2 macam dan harus diminum selama seminggu. Sampai obatnya habis, OLA masih terus mengeluh sakit perut setiap hari. Berarti obatnya gak mempan. Agak khawatir juga karena denger cerita temen sekolah OLA gejala tipus, mengeluhnya juga sakit perut dan sakit kepala tapi tidak panas. Tapi tiap kali ditanya sih OLA gak sakit kepala, dan sakit perutnya juga di bagian yang berbeda. OLA di bagian atas, sedangkan temennya itu bagian tengah. Jadi menurut saya sih bukan tipus, mungkin ada masalah di pencernaannya.

Akhirnya hari Jumat, 22 Nopember dibawa ke dokter anak yang spesialis pencernaan di RS Hasan Sadikin, namanya dr Yudith. Gileee, nunggunya lama banget. Waktu diperiksa dr Yudith, perutnya OLA kembung bangettt, dan masalahnya memang di bagian lambungnya. Dr Yudith menyarankan untuk tes darah dan di USG. Pulang dari RSHS, ambil darah dulu di Prodia. Hebat lho, OLA diambil darah gak nangis, gak rewel, biasa aja, anteng gitu, sampai perawat di Prodia terheran-heran. Ada 3 yang dites, dan yang 1 baru bisa diambil minggu depannya karena harus dikirim ke RS Cikini Jakarta. Tes darahnya abis 850ribu! ckckck...

Besok paginya, OLA di USG di RSB Limijati. Dari pagi sudah disuruh puasa makan dan minum, supaya lambungnya kosong dan kelihatan di USG nya. USG nya habis 430ribu dan obat dari dr Yudith 450rb, ckckck lagi... Analisa awal dr Yudith, kemungkinan ada bakteri blabla (namanya susah dan puanjang benerrr) yang menyebabkan infeksi di lambungnya. Sedangkan lambung kan mengeluarkan asam lambung ketika mengolah makanan, infeksi kalau kena asam kan jadi perih. Untuk membuktikan apakah memang benar ada bakteri ini bisa dites veses atau tes darah. Kalau tes veses katanya sih mahal jadi lebih baik tes darah saja. Dan kalau positif ada bakteri blabla ini, pengobatannya 2 bulan nonstop, tidak boleh terputus sama sekali karena bakterinya ini bandel, jadi harus benar-benar mati. OLA disuruh jaga makanan, gak boleh teh, kopi, coklat, merica, pedas, asam, makanan yang berserat tinggi, makanan yang keras. Padahal selama ini sering banget teh, coklat, saos tomat, jus buah dan sayur hehehe...

Selama seminggu menunggu hasil tes darah lengkap, OLA minum obat dari dr Yudith. Masih belum ada perbaikan, masih sakit perut dan tidak pernah mengeluh sakit kepala. Hari Senin 2 Desember, pulang sekolah OLA mulai mengeluh sakit kepala dan badannya rada anget. Wah langsung deh waspada, saya jadi tegang nih. Lha kenapa sekarang pake panas ya, kenapa pula nih. Malamnya memang pas jadwalnya periksa ke dr Yudith dengan hasil tes darah lengkap + USG, dan memang positif ada bakteri blabla itu di lambung dan usus halus bagian atas. Sakit kepalanya bisa dari infeksi lambungnya itu, karena dibawah lambung itu ada syaraf-syaraf yang nyambung ke kepala. Tapi seharusnya tidak panas. Mulailah OLA terapi, obatnya ditambah 2 antibiotik, diminumnya pagi dan malam saja. Obatnya untuk 2 minggu totalnya 850ribu! Tiap 2 minggu sekali harus kontrol ke dr Yudith.

Besoknya OLA mimisan 2x dan panasnya 38. Langsung saya sms ke dr Yudith, dan disarankan untuk ke IGD, untuk mengecek apakah demam berdarah. Pas udah di IGD, OLA nya udah gak papa, gak panas, jadi ama dokter jaga cuman dikasih surat runjukan ke lab untuk tes demam berdarah, kalau masih panas. Sepanjang hari itu OLA sih udah biasa aja, gak panas, ceria, kayak orang sehat saja, meskipun sakit perut. Dasarnya si OLA ini memang aktif ya dan betah sakit sih. 

Hari Rabu, OLA panas lagi, 38, langsung aja pagi itu periksa darah ke Prodia Lembang. Diantar papahnya, tapi saya pesan ke papahnya, sekalian periksa tipus juga. Hasil tes darahnya baru selesai maghrib. Dirumah, OLA dikasih obat penurun panas dan dikompres. Siang sudah normal dan langsung lincah lagi, disuruh tiduran rada susah, tapi akhirnya mau sambil maen lego. Malamnya kontrol ke dr Ariantana aja di Lembang, dokter anak nya OLA dari bayi. Dari hasil tes darahnya, positif tipus! Aduh!

Menurut dr Ari, memang positif bakteri blabla itu dan tipus juga. Obat antibiotik dari dr Yudith bisa membunuh kuman tipusnya juga, tapi harus ditambah dengan bedrest total. Trus tidak boleh makanan yang berserat tinggi dan berminyak. Kalau gak bisa bedrest total ya terpaksa rawat inap di RS. Jadi Rabu malam itu, mulailah OLA bedrest di kamarnya. Untung sudah selesai ujian dan mulai libur sekolah. 

Baru 1 hari bedrest sudah terlihat bosan dan pegal badannya hehehe... biasanya aktif sih. Segala hiburan juga udah disiapkan, TV + dvd player dipindahin ke kamarnya, hape dan laptop buat maen game, buku bacaan dan buku gambar. Hari kedua bedrest sudah tidak sakit kepala dan panas lagi. Puji Tuhan. Cepet sembuh ya OLA, masa liburan sekolah kok bedrest, gak asik banget.


This entry was posted in

0 comments: