Monday, September 08, 2008

Hasil MOL tape/peuyeum

Hari Jumat lalu, MOL tapeku panen. Dari fisik sih nggak banyak berubah, tapi dari baunya ketauan deh kalo MOL nya udah siap dipake. Baunya persis kayak bau tape. Itu tandanya MOL nya udah jadi. Asik deh sekarang aku udah punya pupuk organik yang murahhhhh banget. Modalnya cuman 1500 buat beli tape peuyeum hehehe...

Hari Sabtu, MOL tape aku pake jadi pupuk cair. Diencerin ama air, perbandingannya 1 MOL:15 air. Langsung aku siramkan ke tanaman-tanamanku, ke bagian tanahnya, jangan langsung ke tanamannya. Soalnya MOL ini bakal menyuburkan tanahnya.

MOL yang sisa, aku ternakkin lagi biar tambah banyak. Soalnya nanti mau aku pake buat sampah. Kali ini aku pake karung ama MOL tape. Kalo kemarin kan aku pake Keranjang Takakura ama kompos.

Caranya, semua sampah organik dipotong kecil-kecil. Sampah yang masih segar dicampur ama yang kering. Disemprot MOL tape, lembab ajah, jangan sampe basah banget. Trus dimasukkan ke karung, diiket karungnya. Taruh di tempat yang rada teduh, jangan sampe keujanan. Tiap 3 hari sekali diaduk-aduk, atau ditusuk-tusuk atau dibalik-balik karungnya. Disemprotin MOL lagi juga boleh. Ntar sampahnya berubah jadi kompos padet. Dicampurin ke tanah biar tanahnya tambah subur. Begitu...

Ini hasil berguru ama Pak Sobirin.

0 comments: