Thursday, October 09, 2014

Multiplication Games Lapbook (lapbook permainan perkalian) - Ola

Kelas 3, waktunya Ola belajar multiplication 1-10. Di kelas 1 dan 2 sebetulnya sudah mulai diajarin basicnya dengan konsep skip counting. Baru di kelas 3 ini mulai intens dengan soal-soal latihan perkalian. 

Dari kelas 2 sebetulnya gurunya sudah berpesan sewaktu liburan untuk mulai menghafalkan perkalian, tapi yah dasar si Ola itu kalo libur ya maunya bener-bener libur, my freedommmmmm...jadi gak mau sedikitpun disuruh belajar. Jadi puas bener deh libur 1 bulan.

Pas kebeneran lagi rajin aja nih, saya bikin lapbook multiplication games seperti ini. Secara Ola itu kalo disuruh belajar harus dengan cara yang fun, baru deh dia mau. Jaman saya dulu belajar perkalian cuman pake tabel perkalian 1 - 10 yang membosankan itu, hahaha... pasti pada ngalamin ya. Duhhhh masih keinget tuh boringnya ngapalin perkalian. Mana mau Ola disuruh belajar kayak saya dulu itu, makanya puter otak gimana caranya ya. Kebetulan lagi tergila-gila dengan LAPBOOK, yo wis bikinlah multiplication games lapbook.

Idenya sederhana aja kok. Ada tabel angka 1-100 yang ukurannya cukup besar. Trus ada potongan kertas kecil-kecil yang isinya 1x1 sampe dengan 10x10. Potongan kertas kecil-kecil ini saya satukan dengan paper klip biar rapi dan diselipkan di kantong kertas di bagian bawah tabel angka. Dan saya selipkan 1 buah paper klip sisa untuk dipake sebagai spinner. Permainannya disebut place value.

Di sebelah kanan dan kiri adalah games Pathway, semacam puzzle. Misalnya Pathway to 5 berarti dari angka 5 sampai ke angka 50, yaitu perkalian 5, cari urutannya di tabel angka yang ada. Saya sediakan 6 lembar games Pathway untuk masing-masing Angka.

Di bagian bawah kanan, ada lingkaran yang ditulisin angka 1-10, fungsinya untuk spinner. Caranya menggunakan pensil dan paper klip yang diputar dan berhenti di angka berapa, itu yang akan dimainkan oleh Ola. Misalnya berhenti di angka 6, maka Ola ambil kertas perkalian 6 dan mulai place value di tabel angka. 

belajar perkalian dengan lapbook
Sabtu kemarin untuk pertama kalinya dimainkan oleh Ola. Dia suka sih, dan abis waktu 2 jam lho tanpa pertarungan hehehehe... Saya berharap Ola mau memainkan games ini tiap hari atau paling tidak 2 hari sekali lah biar semakin hafal. Karena kalo sudah hafal akan lebih enak belajar matematika di sekolah. Iya saya tahu, yang penting tahu konsepnya supaya sampe dewasa pun kalo lupa rumusnya masih tetap bisa cari jawabannya sendiri. Tapi kalo bisa hafal otomatis kenapa enggak tho? :-D


Buat yang berminat pengen bikin lapbook seperti ini, filenya sudah saya upload di box dengan link berikut, silakan didownload gratis. Filenya berbentuk excel.

 
This entry was posted in

0 comments: