Tuesday, November 24, 2009

an enterpreneur mom

Sejak punya anak, saya memilih untuk stay at home. Waktu itu karena kondisi yang memaksa saya harus stay at home, tapi trus akhirnya kebablasan ^~* Saya gak pernah ngebayangin untuk kerja kantoran lagi, rasanya kok dah males ya hehe...enakan di rumah. Tapi ada sebagian dari diri saya yang masih kepengen bekerja, at least buat pengembangan diri.

Kata Mbah Maslow juga kan manusia punya 5 kebutuhan dasar, salah satunya kebutuhan untuk mengembangkan diri alias aktualisasi diri. Topik ini dulunya jadi bahan skripsi saya, yang waktu itu ngebahas kebutuhan dasar perempuan. Saya survey ke 100 wanita karir di Salatiga dan sekitarnya, kepengen tahu kenapa sih mereka bekerja. Hasil surveynya, alasan no 1 mereka bekerja adalah untuk pengembangan diri. Jadi bukan buat uang sebetulnya. Itu survey taon 1998-1999 (ih jadi ketauan deh udah tua hehehe...). Itulah kenapa rasanya ada yang kurang kalo di rumah teh sekedar urus rumah + anak aja, rasanya gatel kalo gak kerja, Makanya saya pun 'menciptakan lapangan pekerjaan' buat diri saya sendiri hehehehe... ^^ and I am become a enterpreneur mom.

Trus sekarang happy? hmmm.... happy sih, meskipun sering menghadapi dilema. Biasanya dilemanya muncul kalo pas lagi sibuk jadi perhatian ke anak suka berkurang. Si OLA jadi sering dicuekkin, dijutekkin hehehe... wah kalo udah mengalami itu rasanya pengen ditinggalin tuh kerjaan. Merasa bersalah. Sempet juga bertanya-tanya saya ini jangan-jangan cinta uang and soon… Pasti ada yang ngalamin kayak saya, iya kan?

Kemarin ini pas lagi baca buku tulisan Jimmy Oentoro nemu jawabannya.
Bedanya mencintai uang dan memiliki uang

  1. Jika Anda merasa tidak pernah berkecukupan! Orang tersebut tidak pernah puas dan mengucap syukur dengan apa yang ia miliki. Sebaliknya, kekayaan yang besar adalah bila seseorang dapat belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan dan puas dengan apa yang dimilikinya
  2. Jika Anda meluangkan waktu lebih untuk berpikir bagaimana mendapatkan untung banyak daripada untuk mengembangkan keunggulan dari pekerjaan Anda!
  3. Jika Anda terganggu untuk memberikan sebagian keuntungan Anda untuk orang lain!
  4. Jika Anda suka memamerkan kekayaan Anda! Yaitu orang-orang yang kesukaannya untuk membicarakan barang-barang belanjaannya, hobinya, kendaraannya dll.
  5. Jika Anda mengabaikan prinsip-prinsip kebenaran untuk mendapatkan uang! Beberapa orang rela untuk menjual imannya, mau berdusta, menyeleweng dll untuk mengejar ambisi kekayaan. Baik untuk memiliki uang di tangan Anda, asal tidak di hati Anda.

Dan… saya lolos semuanya. Berarti saya tidak mencintai uang. Masalah saya bukan disitu.
Setelah direnung-renungkan, masalah saya yang sebenarnya adalah manajemen waktu yang buruk!! ^^

Kadang-kadang di tengah-tengah kesibukan, kita harus berhenti sejenak untuk mulai bertanya ke diri sendiri: “Kenapa saya sibuk?”



Bukan berapa sibuk Anda, tetapi mengapa Anda sibuk
Mesti belajar lagi manajemen waktu. Dan satu lagi, kita harusnya belajar dari para moms di Amrik sono. Moms di Amrik tuh dituntut untuk melakukan semaunya sendiri. Tahu kan kalo disana tuh gak ada pembantu rumah tangga. Baby sitter juga gak ada yang full time. Kecuali buat orang yang kuayaaaa banget. Dan kalo diliat, setiap keluarga disana jarang yang punya anak tunggal, minimal 2 orang anak. Bayangin aja tuh, ngurus 2 anak, mesti bebersih rumah dhewe, belanja sendiri, bayar-bayar tagihan, ngatur keuangan dll dll. Belum lagi aktif di kegiatan sekolah anaknya atau kegiatan lingkungan semacam garage sale dll. Saya seneng banget jalan-jalan ke blognya moms Amrik, baca cerita keseharian mereka, sibuk dan semuanya sudah terorganisir.

Kalo moms Amrik sangat bergantung pada Home Management Binder. Dan disana itu kayaknya wajib punya HMB. Coba aja browsing ke Oom Google, banyak banget soal HMB. Nggak kayak moms di Indonesia ya? hehehe… bukan meremehkan lho, tapi berkaca dari pengalaman saya sendiri gitu lho. Cenderungnya ‘gimana nanti’ bukannya ‘nanti gimana’. Males buat nyatet-nyatet. Coba aja dicek, ada berapa ibu rumah tangga yang punya agenda? Jarang deh. Semuanya pengen diinget di kepala aja. Makanya banyak yang kelewat dan jadi be te…

Makanya akhir-akhir ini HMB saya mulai difungsikan lebih maksimal lagi. Okelah kalo begitu ^^


0 comments: