Friday, September 12, 2008

Hari Pertama Homeschooling OLA

Kemarin saya memulai HS Ola sesuai dengan kurikulum yang saya buat berdasarkan hasil browsing. Kurikulumnya sederhana banget kok. Buat OLA yang usia preschool, kurikulumnya:

Warna - 11 warna, saya bikin kartu dari kain flanel, warnanya kan bagus-bagus tuh hehe...
Bentuk - lingkaran, kotak, segitiga, bintang, hati
Angka - 1 sampe 10, tapi saya usahain sampe 20
Huruf - A sampe Z
Ukuran/lawan kata - besar kecil, panjang pendek dst
Membaca - ini pake flash card metode Glenn Doman
Manners - bilang terima kasih, pinjam dsb
Motorik skills - lempar tangkap bola, mewarnai, menggunting dll
Spiritual - belajar berdoa dan baca Alkitab
Musik - mengikuti irama lagu dan belajar lagu anak-anak

Sederhana banget kan? Itu juga ada yang dimodifikasi dan ditambahin. Beberapa hal OLA udah menguasai, jadi ada yang udah dicontreng, misalnya OLA udah tau bentuk bintang ama hati. Trus OLA udah bisa memegang pensil/bolpen dengan benar bahkan udah bisa menggambar lho. Gambarnya juga udah sempurna, seperti spongebob, orang-orangan komplet, kura-kura, lebah dll. Cuman kalo mewarnai masih suka males hehehe... OLA juga udah mahir pake gunting, sekarang lagi pengen ngegunting gambarnya sendiri, gara-gara ngeliat mamahnya suka ngegunting sih...

Sebetulnya ada materi Verb/kosa kata biar perbendaharaan katanya tambah. Misalnya nama hewan atau benda. Tapi nggak saya masukkin di kurikulum. OLA udah hafal semua nama hewan. OLA juga udah tau transportasi dan buah. Kalo nama benda sih otomatis tiap hari selalu ada.

Dari kurikulum itu saya bikin jadwal. Kemarin jadwal OLA belajar warna merah dan putih, bentuk lingkaran, ukuran besar kecil dan panjang pendek, angka 1-5, huruf A a, baca 5 kata, aktifitasnya lempar dan tangkap bola, manners bilang terima kasih, tolong dan potty training. Pelajaran yang harus ada tiap hari itu potty training, berdoa dan baca Alkitab. Saya masih belum dapet Alkitab bergambar yang cocok buat OLA. Pengennya yang banyak gambarnya kayak buku cerita anak-anak gitu lho.
Hasilnya: untuk warna OLA masih rada susah nempelnya. Tapi tadi pagi sih waktu dites, OLA udah tahu warna merah-putih. Kayaknya butuh waktu beberapa hari biar nempel. Kalo soal ukuran/lawan kata OLA langsung bisa. Pas diajarin baca, OLA nya langsung kabur hehehe... nggak tau tuh selalu begitu dari umur 2 taonan. Flash cardnya langsung diambil dan dipake maen. Hmmm... perlu usaha ekstra nih. Yang angka dan huruf malah belum sempet dikasihin hehehe...
Jadwal OLA sedikit kacau gara-gara OLA minta mewarnai dan main uang koin. Ya sudah deh diturutin ajah. Main uang koinnya dijadiin materi belajar, masukkin uang koin ke celengan dari jarak cukup jauh. Melatih motoriknya. OLAnya senang, mamahnya juga senang hehehe...
Gambar mewarnainya saya dapet dari internet juga. Saya cari yang connect the dots, jadi gambarnya belum utuh, OLA harus nyambungin titik-titik yang ada supaya gambarnya jadi. Pas diajarin, OLA bisa sih untuk beberapa titik pertama, kesananya malah menggambar hehehe... So far, menyenangkan!!

This entry was posted in

4 comments:

Keke Naima said...

Keke usianya 4,5th. Kl nai 2th 3bl. Sebetulnya mereka berdua blm HS msh sekolah di TK A sm PG kcl.

Rencana kami mereka baru mulai HS ketika lulus TK. Makanya kami cari TKnya juga selain gak mahal, harus deket rumah, kurikulumnya juga jgn yg terlalu berat kyk kebanyakan sekolah skrg. Ya... mirip2 kyk kita sekolah dulu d. Lbh byk bermain & berkreatifitas.

Alhamdulillah ada sekolah spt itu deket rumah. Kl gak ada ya pasti udh kami HS-kan aja :)

Yenny Lesly said...

hebattttt, sukses yaaa, pasti butuh kesabaran deh buat HS.

Fani said...

Pengen nyoba juga, nih, HS-nya. Nyonto ya, Bet, kurikulumnya. Cuma bisa sabar gak ya... Hahaha..

betty said...

monggo fan... dicontek wae... wong aku juga dapete gratis kok hehehe...
mesti sabar... ya anggep wae kayak ngajarin anak seperti biasa, kayak ngajar ngomong atau ngasih tau nama benda ini itu... itu kan kerjaan kita tiap hari?
cuman kalo ada kurikulume gini kan jadi nggak bingung tho, membantu buat konsisten ngajarin anak. iya tho? hehehe...